PEMETAAN INFRASTRUKTUR DAN PERMASALAHAN KAWASAN PERKOTAAN DI KELURAHAN TALANG BUBUK KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBANG

Authors

  • Delli Noviarti Rachman Fakultas Teknik Universitas Tamansiswa Palembang
  • RR. Susi Riwayati Fakultas Teknik Universitas Tamansiswa Palembang
  • Ahmad Hidayat Fakultas Teknik Universitas Tamansiswa Palembang

Keywords:

peta tematik, infrastruktur eksisting, survey lokasi

Abstract

Pemetaan merupakan hal yang sangat penting untuk menggambarkan kondisi atau keadaan suatu lingkungan. Agar bisa mendapatkan hal detail mengenai kondisi lingkungan, maka pembuatan peta tematik adalah salah satu solusinya. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan kali ini adalah mengenai pemetaan kondisi lingkungan dan permasalahan lingkungan perkotaan. Tim PKM mengambil contoh di Kawasan Kelurahan Talang Bubuk  karena kawasan ini terletak di dataran rendah dan rawa, tidak memiliki sungai, hanya ada anak sungai sehingga pada saat hujan sering sekali terjadi banjir, tetapi kondisi perumahannya sangat padat dan infrastrukturnya sangat kurang memadai. Metode pelaksaan kegiatan pengabdian ini adalah dengan cara survey untuk menganalisa kondisi eksisting di lapangan, dan pembuatan peta tematik sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan program Q-Gis. Adapun hasil yang dapatkan dari kegiatan ini adalah terbentuknya peta tematik berupa peta massa bangunan, peta kepadatan penduduk,peta tata guna lahan, infrastruktur jalan, sekolah, pusat ekonomi, kondisi eksisting drainase, dan kondisi eksisting persampahan  yang dapat digunakan untuk pembagunan ke depan, serta peta tematik ini juga dapat digunakan sebagai dasar pembangunan jangka mengenah dan jangka panjang.

References

Depan, T. H., & Qgis, S. (2017). Tampilan Halaman Depan pada Situs QGIS.

Palembang, B. P. S. K. (2021). Kota Palembang dalam Angka 2021. 43–52.

Participatory Action Research Contents Involving “ All the Players ” in Evaluation and Change What is participatory action research ? (2007). Evaluation.

Pengantar Pengetahuan Lingkungan dan • Definisi lingkungan Latar Belakang. (n.d.).

Produksi, P., & Pembangunan, P. (2018). Kajian Lingkungan dan Perencanaan Pembangunan by Zul Azhar Page ii. Kajian Lingkungan Dan Perencanaan Pembangunan by Zul Azhar, 101. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25502

Puspaningrum, D., & Agustina, T. (2017). Pendekatan Pra (Participatory Research Appraisal) Dalam Pengembangan Kopi Arabika Specialty Ketinggian Sedang Berbasis Kawasan Di Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 1(2), 187–200. https://doi.org/10.32528/agribest.v1i2.1157

Rachman, D. N., & Chairil. (2018). Analisis Sistem Proteksi Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk. Teknika, 5(2), 117–129.

Rahmy, W. A., Faisal, B., & Soeriaatmadja, A. R. (2012). Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Kota pada Kawasan. Lingkungan Binaan Indonesia, 1(1), 27–38.

Downloads

Published

2022-08-15