ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Authors

  • Nyimas Inda Kusumawati Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Eva Diyaningsih Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Muslimin Tendri Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Hussein Fattah Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang

Keywords:

Newman, Bilangan Bulat

Abstract

Newman menyatakan terdapat lima langkah yang harus dilalui dalam menyelesaikan soal cerita matematika, yaitu: (1) membaca soal (reading), (2) memahami masalah (comprehension), (3) transformasi (transformation), (4) keterampilan proses (process skill), dan (5) penulisan jawaban akhir (encoding). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita khususnya pada materi bilangan bulat berdasarkan teori Newman di kelas VII SMP Negeri 50 Palembang. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggambarkan dan mendeskriptifkan apa dan berapa banyak kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan teori Newman. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 50 Palembang, dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII.8, VII.9, dan VII.10 SMP Negeri 50 Palembang. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan analisis adalah sebagai berikut: kesalahan membaca (reading) dapat dikatakan sangat rendah dengan presentase sebesar 10%. Kesalahan pemahaman (comprehesion) dapat dikatakan tinggi dengan presentase sebesar 63%. Kesalahan transformasi (transformation) dapat dikatakan sangat tinggi dengan presentase sebesar 93%. Kesalahan proses (process skill) dapat dikatakan sangat tinggi dengan presentase sebesar 91%. Dan kesalahan jawaban akhir (encoding) dapat dikatakan sangat tinggi dengan presentase sebesar 90%. Sedangkan untuk kesalahan total dapat dikatakan sedang dengan presentase sebesar 58%. Kesalahan siswa SMP Negeri 50 Palembang dalam menyelesaikan soal cerita materi bilangan bulat berdasarkan teori Newman tergolong sedang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kebudayaan, K. P (2020). Diakses: Desember 28, 2020, dari Hasil UN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/.

Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika Vol. 5, No. 2, 22-32.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sausanah dkk. 2014. Strategi Pembelajaran Matematika: Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4725/2/PEMA4301-M1.pdf diakses pada 19 April 2022

Trapsilo, T. E. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Materi Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas IX SMP N 1 Banyubiru. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana, 1-19.

Downloads

Published

2022-07-03

How to Cite

Nyimas Inda Kusumawati, Eva Diyaningsih, Muslimin Tendri, & Hussein Fattah. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–6. Retrieved from http://ejournal.unitaspalembang.com/index.php/nabla/article/view/23