EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL DEDO GOMO DAN GOMO TELU DI WOLOWUWU, KAB. ENDE, NTT SERTA INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Magdalena Wangge Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.185

Keywords:

dedo gomo, ethnomathematics, gomo telu, learning

Abstract

Permainan tradisional merupakan salah satu budaya yang mulai memudar seiring perkembangan IPTEK. Hal ini juga terjadi pada masyarakat di Wolowuwu, Kec. Wolowaru, Kab. Ende, NTT yaitu permainan dedo gomo dan gomo telu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi etnomatematika dan konsep-konsep matematika yang ada dalam permaianan dedo gomo dan gomo telu serta integrasinya dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tahapan penelitian mulai dari pra lapangan, pekerjaan lapangan hingga analisis data. Dalam tahapan analisis data dilakukan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dalam permainan dedo gomo dan gomo telu ditemukan aktivitas etnomatematika yaitu counting, locating, measuring, designing, playing, dan explaining. Kemudian konsep matematika yang ditemukan antara lain operasi bilangan bulat, geometri, pengukuran panjang, deret aritmatika, pola bilangan, dan peluang. Salah satu bentuk integrasinya dalam pembelajaran matematika adalah dengan menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis budaya permainan tradisional dengan model pembelajaran kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. A. (2016). Peran Guru dalam Mentransfromasikan Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Abiyasa, P. K. (2019). Kajian Etnomatematika Pada Aktivitas Pertanian di Kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Bishop, A. J. (1998). Mathematical Enculturation: A Cultural Perpective on Mathematics Education. London: Kluwewr Academic Publisher.

Bo, H. N., Ningsih, N, & Mbagho, H. M. (2022). Identiifikasi Etnomatematika Permainan Teka Watu (Batu Lima) di Desa Rihut Kabupaten Manggarai Timur. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5(2), 142-148.

Dominikus, W. S. (2018). Etnomatematika Adonara. Malang: Media Nusa Creative.

Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Teori, dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husaini, F. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Quadrant.

Karina, C.D., Supardi, U.S., & Suparman, I.A. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5(2), 1599-1615.

Kemba, O. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Permainan Tradisional Gomo Toma di Desa Welamosa Kecamatan Wewaria Kabupaten Ende. Skripsi. Universitas Flores.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Kurniati, E. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak.

Malihah, E. (2010). Manusia dan Kebudayaan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 15 Desember 2022 dari http://file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/PLSBT/Modul_4_PLSBT.pdf

Mbete, A. M., Dhae, F., Banda, M.M., & Wake, P. (2006). Khazanah Budaya Lio-Ende. Yogyakarta: Pustaka Larasan.

Mei, M.F., Seto, S.B., & Wondo, M.T.S. (2020). Eksplorasi Konsep Matematika dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika, dan Sains, Vol 5(1), 29-38.

Moleong, L.J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 3 No. 1, 16-29.

Silfiana, N., & Widyaastuti, W. (2021). Etnomatematika Permainan Kelereng Sebagai Media Belajar Matematika Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, Vol. 1(1), 37-48.

Suprayogo, I., & Tobroni. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wati, G. H. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Permainan Tradisional Permainan Cublak-cublak Suweng dan Implementasinya dalam Pembelajaran Matematika Terkait Materi Peluang. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Wangge, M. (2023). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL DEDO GOMO DAN GOMO TELU DI WOLOWUWU, KAB. ENDE, NTT SERTA INTEGRASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.51517/nabla.v8i1.185